Selasa, 08 Januari 2013

KESEHATAN ITU PENTING

Saat ini kita sudah memasuki musim penghujan yang harus kita hadapi dan kita waspadai dari berbagai macam penyakit yang mungkin timbul dari musim panca roba ini. Kita harus memiliki daya tahan tubuh yang optimal agar tidak mudah terkena penyakit. Pencegahan penyakit itu mulai dari diri kita sendiri yang sadar akan pentingnya dan mahalnya kesehatan itu.
Kesehatan dan manusia seperti dua sisi yang tidak dapat di pisahkan. Itulah mengapa artikel tentang dunia kesehatan begitu di cari dan diburu oleh masyarakat. Anda bisa bayangkan kebutuhan mendesak seorang ibu yang baru melahirkan, bayi- bayi mungil yang perlu mendapat perawatan kesehatan,pekerja kantoran yang sering mendapat tekanan, atau 76 juta kaum manula yang ingin hidup sehat dan menurunkan berat badan.Mereka akan berusaha mencari informasi tentang hidup sehat.

Informasi mengenai kesehatan adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan dewasa ini. Informasi mengenai tips pengobatan,baik medis maupun terapi alternatif dan pengobatan tradisional merupakan hal penting yang patut untuk diketahui,belum lagi mengenai informasi berbagai macam penyakit beserta pantangannya yang harus di hindari,kemudian ada lagi Artikel Kesehatan mengenai gejala dan penyebab suatu penyakit yang di ikuti dengan cara pencegahannya.

Semua hal di atas adalah berguna manakala kita sedang  mengumpulkan materi untuk pembuatan kliping atau tugas sekolah maupun pengumpulan bahan untuk skripsi,namun tak sedikit pula kita menggunakan informasi tersebut ketika kita sedang sakit dan ingin mencari pengobatan yang terbaik untuk kita maupun orang yang kita sayangi.

Berangkat dari hal tersebut di atas,saya mencoba untuk mengumpulkan informasi dasar tersebut yang saya ambil dari sumber-sumber yang kompeten sebagai referensi saja agar kita semua lebih sadar akan pentingnya kesehatan kita,karena kesehatan adalah anugerah Tuhan yang patut kita syukuri.

Read more / Selengkapnya...

BENCANA ALAM DI BUMI

 Kita hidup di bumi yang sangat luas ini. Yang beda dari planet yang lainnya. Bumi memiliki atmosfer, bumi memiliki daratan, bumi memiliki lautan yang sangat luas. Maka dari itu Bumi kita memiliki berbagai maca musim, cuaca, dan waktu. Pada akhir-akhir ini kita banyak mengalami bencana alam yang langsung kita rasakan, seperti banjir gempa bumi dan angin puting beliung. Itu semua kehendak dari Yang Maha Kuasa tetapi ada pula akibat dari kelakuan kita sendiri, mulai dari pembabatan hutan secara tidak bertanggung jawab dan sebagainya. 

Akibat gempa bumi dan atau tsunami
Gempa bumi merupakan peristiwa bergesernya lempengan bumi d daratan maupun dasar laut yang merambat ek permukaan bumi. Gempa bumi disebabkan oleh aktifitas gunung merapi atau vulkanik maupun aktifitas tektonik sepanjang jalur-jalur rawan bencana. Gempa bumi yang berpusat di dasar laut dapat menyebabkan tsunami atau disebut gelombang pasang besar dan mampu menghancurkan wilayah pesisir.
Gempa bumi yang berpusat tidak jauh dari kota atau pusat permukiman penduduk akan mengakibatkan kerusakan besar seperti berikut
  • Hentakan gempa yang besar dapat emngakibatkan tanah longsor, bangunan roboh atau retak
  • Merusak bangugnan waduk atau tanggul sehingga air meluap dan bajir besar
  • Menyebabkan kebakaran karena rusaknya installasi bangunan
  • Tanah, jalan raya atau jembatan merekah atau ambruk
  • Memakan korban jiwa makhluk hidup karena tertimpa reruntuhan atau tersapu oelh gelombang tsunami
Akibat Badai Silikon
Bada silikin atau disebut juga angin topan yan gterjadi dapat menghancurkan segala objek yang dilaluinya. Badai silicon yang berkekuatan besar mampu melewati daerah secara lebih luas. Apabila melewati daratan dan teruitama perukiman penduduk mengakibatkan kerusakan besar.

Akibat letusan gunung merapi

Gejala alam seperti letusan gunung merapi terjadi karena aktifitas magma di dalam perut bumi dan biasanya terjadi dengan disertai gempa. Kita hanya dapat memprediksi terjadinya letusan gunung berapi.
Letusan gunugn berapi tentu menimbulkan kerusakan-kerusakan lingkungan seperti berikut.
  • Abu bulkanik dan awan panas yang mengancam keselamatan jiwa makhluk hidup
  • Aliran lahar atau lava panas dapat menghanguskan apapun yang dilalulinya serta mendangkalkan sungai, Apabila disertai hujan, kemungkinan banjir pun tidak dapat dihindari.
  • Setelah dingin, bekas aliran lava ini akan membeku dan membatu, diaman tentu tidak dapat kembali diolah menjadi lahan pertanian yang maksimal.
  • Roboh atau musnahnya bangunan , jalan, jembatan dan sebagainya, akibat aliran lava panas dan atau akibat gempa vulkanik yang menyertainya

Read more / Selengkapnya...

PENCEGAHAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

Pada zaman sekarang ini kita mulai mengalami musim hujan yang sangat tinggi. Dan kita yang tinggal di Jakarta yang merasakan dam0pak langsung dari panca roba ini. Maka dari itu kita harus memelihara lingkungan, paling tidak mulai dari lingkungan di sekitar kita sendiri agar tidak terjadi pencemaran lingkungan yang mengakibatkan musibah pada kita semua nantinya. Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup dijelaskan bahwa upaya penanganan terhadap permasalahan pencemaran terdiri dari langkah pencegahan terhadap permasalahan pencemaran terhadap permasalahan pencemaran terdiri dari langkah pencegahan dan pengendalian.
Upaya pencegahan adalah mengurangi sumber dampak lingkungan yang lebih berat. Ada pun penanggulangan atau pengendaliannya adalah upaya pembuatan standar bahan baku mutu lingkungan, pengaweasan lingkungan dan penggunaan teknologi dalam upaya mengatasi masalah pencemaran lingkungan. Secara umum, berikut ini merupakan upaya pencegahan atas pencemaran lingkungan.
  1. Mengatur sistem pembuangan limbah industri sehingga tidak mencemari lingkungan
  2. Menempatkan industri atau pabrik terpisah dari kawasan permukiman penduduk
  3. Melakukan pengawasan atas penggunaan beberapa jenis pestisida, insektisida dan bahan kimia lain yang berpotensi menjadi penyebab dari pencemaran lingkungan.
  4. Melakukan penghijauan.
  5. Memberikan sanksi atau hukuman secara tegas terhadap pelaku kegiatan yang mencemari lingkungan
  6. Melakukan penyuluhan dan pendidikan lingkungan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti dan manfaat lingkungan hidup yang sesungguhnya.

Read more / Selengkapnya...

TIPS MENGENDARAI MOTOR KOPLING

Motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, karena ukuran yang kecil dan ramping dan dapat melintasi jalan-jalan yang tidak bisa dilewati kendaraan lain. Motor memiliki banyak macamnya, ada motor matic dan ada juga yang manual. Untuk motor matic tidak perlu memiliki keahlian khusus. Dan untuk motor manual khususnya motor kopling butuh keahlian khusus untuk mengendarainya. Berikut ini saya akan memberikan tips untuk mengendarai motor manual kopling.

1. Hidupkan mesin motor (starter).
2. Setelah mesin menyala, tarik kopling yang ada di sebelah kiri stang.
3. Masukkan perseneling ( injak gigi) kearah depan yang ada di bawah bagian kaki kiri. Perhatian nich, jangan pernah injak perseneling ketika kopling tidak di tarik.
4. Selanjutnya, lepaskan kopling dengan sangat pelan-pelan. Dan nantinya motor akan berjalan dengan pelan. Disini harus bisa mengatur kestabilan kopling. Jika tidak nantinya mesin motor akan mati. Apabila mesin motor mati, persenelig (gigi) harus di netralkan terlebih dahulu, lalu selanjutnya hidupkan mesin, dan tarik koplingnya dan masukkan perseneling ( gigi 1 ) kembali, lepaskan dengan sangat perlahan.
5. Kemudian untuk mengoper perseneling selanjutnya (gigi 2), tarik kopling dan injak perseneling kearah belakang. Setiap ingin menetralkan dari gigi 2 ke 1,  injak ke arah depan satu kali. Untuk menetralkan dari gig 3 ke 2, injak ke arah depan 2x. Biasanya untuk motor tiger ada 4 perseneling (gigi).
Read more / Selengkapnya...

TIPS MEMILIH DAN MENGATUR KACA SPION PADA MOTOR


Kaca spion merupakan bagian yang paling penting pada kendaraan bermotor yang kita gunakan. Untuk itu kita perlu memperhatikan fungsi dari kaca spiion di kendaraan kita. Selain itu kaca spion juga menjadi penambah penampilan pada kendaraan bermotor kita, agar lebih menarik dan tidak membuat bosan bagi pemakainya. Berikut ini saya berikan tips untuk memilih dan mengatur kaca spion pada motor kita.

1. Biar penampilan motor lebih trendi, pilih spion dengan bentuk yang modis. Asalkan tidak mengganggu Anda dalam melihat bagian belakang motor (blank spot) dan tidak terhalang oleh lengan saat berkendara.

2. Fungsi lain dari spion itu juga sebagai batas patokan kemudi dengan kendaraan lain, jadi ada baiknya jika anda menggunakan spion yang tangkainya sedikit lebih panjang. Sehingga jika terjadi benturan, kaca spion lah yang terkena pertama ketimbang mengenai stang kemudi.

3. Agar pengelihatan Anda terhadap bagian belakang (blank spot) lebih luas, gunakan spion dengan model kacanya yang agak cembung (konvex mirror).

4. Jangan terlalu sering menjadikan kaca spion sebagai tempat menaruh helm ketika parkir, karena akan membuat kaca spion menjadi cepat longgar.
Read more / Selengkapnya...

TIPS MEMPERBAIKI REM MOBIL YANG BOCOR


Mobil merupakan kendaraan yang memiliki tenaga yang sangat besar dibandingkan dengan sepeda motor, jadi tingkat kecelakaan di jalan lebih tinggi dibanding kendaraan lain. Untuk itu kita harus memelihara mobil kita, terutama pada pengereman mobil. Jika tingkat pegnereman mobil kita tidak sesuai yang kita inginkan, maka kita tidak bisa menguasai mobil kita sendiri, yang mengakibatkan tingkat kecelakaan di jalanan tinggi. Maka dari itu saya akan menunjukkan tips untuk memperbaiki dan memeriksa rem pada mobil kita sendiri tanpa harus pergi ke bengkel.

1. Memperbaiki kembali kaliper
Gunakan peralatan untuk memperbaiki kinerja rem atau dengan membeli kaliper yang baru. Mengganti kaliper baru sebagai pilihan yang lebih ekonomis untuk Anda. Gunakan kunci pas untuk melepas baut rem.
Lakukan hal yang sama dengan besi dan garis pada karet rem. Atur udara keluar masuk pada piston agar selalu rendah, kemudian tambahkan pelumas pada kaliper. Ganti kaliper dan beri garis untuk posisi baut sebelumnya. Pastikan sistem udara sesuai dengan posisi kaliper.

2. Ubah silinder roda
Buka tutup roda dan ban setelah melepas semua baut yang ada. Jika terlihat karat, olesi oli pada bagian karat tersebut. Turunkan sepatu rem dan gunakan obeng untuk melepas tromol rem, dan periksa sepatu rem.
Ganti sepatu rem bila ditemukan lumuran cairan. Hapus garis rem yang menempel dengan vakum untuk selang. Kendurkan baut roda silinder pada plat di bagian belakang. Pasang silinder roda baru untuk posisi pengereman yang baru. Tandai dan kencangkan sekrup.

3. Ubah posisi selang atau garis rem
Hapus garis rem lama dan selang sebelumnya. Pasang garis rem baru pada kaliper dan silinder utama serta keluarkan sistem udara sebelumnya.

4. Masukkan silinder utama yang baru
Cari silinder utama. Lepaskan tutup dan kemudian berikan cairan rem baru silinder utama. Lepaskan silinder utama dari semua bagian rem dan konektor listrik. Gunakan kunci soket untuk melonggarkan dan menghapus jejak baut sebelumnya. Ganti silinder utama lama dengan yang baru, kemudian kencangkan kembali bautnya. Buat koneksi serupa dengan mengatur sistem asupan udara.
Read more / Selengkapnya...