Minggu, 10 April 2011

Membuat Jaringan WiFi (Hotspot) Sederhana


Sempat terfikir untuk membuat HOT-SPOT di rumah sendiri. Yang nantinya bisa online dimana saja, di berbagai sudut ruang dalam rumah, sampai kamar mandi sekalipun. Bisa berbagi koneksi pada teman-teman yang berkunjung ke rumah,walaupun ada imbalannya,hha. Dan mulai memikirkan barang-barang yang sudah terbengkalai di kamar yang berantakan,maklum kamar cowok. Kemudian saya menemukan wireless USB yang sudah tak terpakai waktu saya masih menggunakan WajanBolic dulu....

Lalu saya cari-cari tutorial dan tanyakan kepada Om Google ternyata dapat. Akan tetapi terkendala oleh spesifikasi dan kemampuan wireless USB yang saya gunakan. Setelah banyak menanyakan kepada Om Google dan banyak bereksperimen serta rasa ingin tahuku yang besar. Akhirnya saya menemukan cara membuat HOT-SPOT di rumah dengan caraku sendiri yang hanya menggunakan wirelless USB yang mempunyai kemampuan dibawah rata-rata. Saya hanya ingin berbagi ilmu dan pengalaman saja disini. Ok tanpa basa-basi saya mulai tutorialnya. Cekidot...
Dalam tutorial kali ini saya menggunakan Windows 7 Ultimate dan menggunakan koneksi internet Speedy.
Saya menggunakan wireless USB TP-LINK TL-WN321G dengan kecepatan 54Mbps.
Kemudian kita membutuhkan software CONNECTIFY bisa langsung download di websitenya.
Setelah anda download Connectify, kemudian anda instal dengan cara:


klik next -> isi This is the name (SSID) dengan nama HOT-SPOT anda

isi dengan password minimal 8 karakter

pilih Local Area Connection

centang start hotspot after closing wizard -> klik Finish





Setelah selesai setup Connectify selanjutnya setting IP Addressnya dengan cara:


Buka Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Change adapter setting

IP utama pada speedy:
IP : 192.168.1.100
SM : 255.255.255.0
DG : 192.168.1.1
DNS : 203.130.196.155
Alter : 203.130.0.61
IP pada wireless USB:
IP : 192.168.0.3
SM : 255.255.255.0
Yang lain kosongkan

IP pada Connectify:
IP : 192.168.0.1
SM :255.255.255.0
Yang lain kosongkan

dan di lapi atau gadget penerima HOT-SPOT beri IP Addressnya dengan:
IP : 192.168.0.2
SM :255.255.255.0
Yang lain kosongkan

klik Start Hotspot pada Connectify

Selesai.,anda telah mempunyai jaringan WIFi di rumah anda sendiri.
Semoga bermanfaat !

6 komentar:

Arif Firmansyah mengatakan...

:) wohhhhhh keren ni gan ,, udah ane coba... dan pastinya berhasil

kahfiehudson mengatakan...

wahh ente nulis sendiri komen sendiri wkwkwkw =))
mampir2 gan ke http://kahfiehudson.cz.cc

Arif Firmansyah mengatakan...

itu bukan ane gan.,tp ade ane sendiri.,payah tuh orang.,

Anonim mengatakan...

USBnya di colokin kamena terus di sambungin kamana ?

Obat Pelangsing mengatakan...

terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang membuat jaringan wifi hotspot sederhana... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

muhammad hibrizi ghanim gunawan mengatakan...

Mas kok sya udh buat wifi sya koneksi org lain gk bisa nangkep?? Hp sya udh di refresh berkali2 gk ketemu. Abistu ku lihat di wifinya ktanya waiting someone connect to wireless. Gmna nie gan?

  • :))
  • ;))
  • ;;)
  • :D
  • ;)
  • :p
  • :((
  • :)
  • :(
  • :X
  • =((
  • :-o
  • :-/
  • :-*
  • :|
  • 8-}
  • :)]
  • ~x(
  • :-t
  • b-(
  • :-L
  • x(
  • =))
  • klik ini

Poskan Komentar