Motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, karena ukuran yang kecil dan ramping dan dapat melintasi jalan-jalan yang tidak bisa dilewati kendaraan lain. Motor memiliki banyak macamnya, ada motor matic dan ada juga yang manual. Untuk motor matic tidak perlu memiliki keahlian khusus. Dan untuk motor manual khususnya motor kopling butuh keahlian khusus untuk mengendarainya. Berikut ini saya akan memberikan tips untuk mengendarai motor manual kopling.
1. Hidupkan mesin motor (starter).
2. Setelah mesin menyala, tarik kopling yang ada di sebelah kiri stang.
3. Masukkan perseneling ( injak gigi) kearah depan yang ada di bawah bagian kaki kiri. Perhatian nich, jangan pernah injak perseneling ketika kopling tidak di tarik.
4. Selanjutnya, lepaskan kopling dengan sangat pelan-pelan. Dan nantinya motor akan berjalan dengan pelan. Disini harus bisa mengatur kestabilan kopling. Jika tidak nantinya mesin motor akan mati. Apabila mesin motor mati, persenelig (gigi) harus di netralkan terlebih dahulu, lalu selanjutnya hidupkan mesin, dan tarik koplingnya dan masukkan perseneling ( gigi 1 ) kembali, lepaskan dengan sangat perlahan.
5. Kemudian untuk mengoper perseneling selanjutnya (gigi 2), tarik kopling dan injak perseneling kearah belakang. Setiap ingin menetralkan dari gigi 2 ke 1, injak ke arah depan satu kali. Untuk menetralkan dari gig 3 ke 2, injak ke arah depan 2x. Biasanya untuk motor tiger ada 4 perseneling (gigi).
1. Hidupkan mesin motor (starter).
2. Setelah mesin menyala, tarik kopling yang ada di sebelah kiri stang.
3. Masukkan perseneling ( injak gigi) kearah depan yang ada di bawah bagian kaki kiri. Perhatian nich, jangan pernah injak perseneling ketika kopling tidak di tarik.
4. Selanjutnya, lepaskan kopling dengan sangat pelan-pelan. Dan nantinya motor akan berjalan dengan pelan. Disini harus bisa mengatur kestabilan kopling. Jika tidak nantinya mesin motor akan mati. Apabila mesin motor mati, persenelig (gigi) harus di netralkan terlebih dahulu, lalu selanjutnya hidupkan mesin, dan tarik koplingnya dan masukkan perseneling ( gigi 1 ) kembali, lepaskan dengan sangat perlahan.
5. Kemudian untuk mengoper perseneling selanjutnya (gigi 2), tarik kopling dan injak perseneling kearah belakang. Setiap ingin menetralkan dari gigi 2 ke 1, injak ke arah depan satu kali. Untuk menetralkan dari gig 3 ke 2, injak ke arah depan 2x. Biasanya untuk motor tiger ada 4 perseneling (gigi).
1 komentar:
kalo untuk perpindahan gigi saat kecepatannya berapa aja gan?
Posting Komentar