Sekilas tentang OpenGL. OpenGL merupakan singkatan dari Open
Graphics Library. OpenGL itu sendiri merupakan spesifikasi standar yang
mendefinisikan suatu lintas bahasa untuk mengembangkan suatu aplikasi yang
menghasilkan suatu grafis komputer dalam bentuk 2D ataupun 3D.
OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang
digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat
opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa
pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows,
Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan
fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3
files yaitu:
Glut.h
Glut32.lib
Glut32.dll
Glut32.lib
Glut32.dll
Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuat konsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool tertentu. Kali ini saya akan menjelaskan pembuatan gambar sederhana yaitu gambar garis vertikal, horizontal, dan diagonal dengan Dev C++ sebagai IDE-nya.
Dalam membuat Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal
Dengan OpenGL Pada Dev C++. Pertama yang harus yang kita lakukan adalah
mempunyai perlengkapan yang digunakan :
1. Dev C++ (Pastikan PC atau laptop Anda
sudah terinstall aplikasi ini).
2. Header Glut (Header yang akan digunakan untuk OpenGL).
2. Header Glut (Header yang akan digunakan untuk OpenGL).
Cara menginstall (Dev C++ dan OpenGL)
Apabila komputer Anda belum terinstall Dev C++, Anda
bisa mendownloadnya disini,
kemudian dinstall. Untuk menjalankan atau membuat file OpenGL anda harus
memiliki Headernya, Anda bisa mendownloadnya disini, dan untuk menginstal
header OpenGL berikut adalah langkahnya :
1. Masuk kedalam Dev C++.
2. Klik menu tools > Pilih Package manager seperti gambar di bawah :
3. Klik Install, ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip ) terbaca.
4. Klik open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.
2. Klik menu tools > Pilih Package manager seperti gambar di bawah :
3. Klik Install, ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip ) terbaca.
4. Klik open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.
Setelah selesai menginstall Dev C++ dan header
OpenGL, selanjutnya mencoba untuk langsung Membuat Garis Vertikal,
Horizontal, Dan Diagonal Dengan OpenGL Pada Dev C++, cara membuat file baru
adalah :
1. Klik menu File > Pilih New > Project .
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.
Setelah membuat project, lanjut untuk Membuat Garis
Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal Dengan OpenGL Pada Dev C++.
1. Garis Vertikal
/* OpenGL animation code goes here */
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan.
glVertex3f(0,0,-0.0); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.0,130.0,0.0); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glVertex3f(0,0,-0.0); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.0,130.0,0.0); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik
akhir.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //Untuk mengantikan bagian belakang
buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}
Output Programnya adalah :
Logika :
pada pembuatan garis baik dari vertikal, horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi pemahaman tentang garis pada line di coding bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal.
pada pembuatan garis baik dari vertikal, horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi pemahaman tentang garis pada line di coding bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal.
2. Garis Horizontal
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Untuk memilih
warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //Untuk membersihkan layar latar belakang.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik
akhir.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //Untuk mengantikan bagian belakang
buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}
Output Programnya adalah :
Logika :
pada pembuatan garis horizontal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Horizontal.
pada pembuatan garis horizontal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Horizontal.
3. Garis Diagonal
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Untuk memilih
warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //Untuk membersihkan layar latar belakang.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar garis dari titik
yang digunakan.
glVertex3f(0,0,-0.8); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glVertex3f(0,0,-0.8); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik
akhir.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //Untuk mengantikan bagian belakang
buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}
Output Programnya adalah :
Logika :
pada pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis diagonal.
pada pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis diagonal.
1 komentar:
KALAU BIKIN GARIS, YANG NANTI GARISNYA MUNCUL KETIKA KITA MEMASUKAN ANGKA DAN JUMLAH GARISNYA SESUAI DG ANGKA YANG KITA MASUKAN ITU BAGAIMANA?
Posting Komentar